Ketua Prodi PKLH Pascasarjana UNM, Ajak Emak-emak Bikin Pupuk Kompos

Program studi PKLH Program Pascasarjana UNM, kembali mengelar pengabdian masyarakat di Kecamatan Sabbang Paru, Kabupaten Wajo, Selasa (2/7/2019).Prodi PKLH Ajak Warga Wajo Bikin Pupuk Komposter

Beranjak pada analisis situasi, bahwa di kawasan pemukiman Kabupaten Wajo terlihat banyaknya sampah berserakan yang mengganggu kebersihan lingkungan.

Disisi lain, sampah ini juga berpotensi terhadap resiko penyakit seperti thyphus, diare, dan beberapa penyakit lainnya. Keberadaan sampah juga berdampak pada kondisi Danau Tempe yang berpengaruh seringnya terjadi banjir di Kabupaten Wajo.

Atas dari itu, Dyah Darma Andayani selaku ketua tim berinisasi untuk bagaimana masyarakat harus diberdayakan dalam pengelolaan sampah.

“Untuk mengelola sampah itu, salah satu solusinya adalah Komposter sebagai salah satu media pengolahan sampah organik perlu diperkenalkan pada masyarakat sebagai upaya peningkatan kualitas lingkungan,” ucapnya, Sabtu (29/6/2019).

Kata dia, selain memperkenalkan terkait pupuk komposter, para warga yang hadir juga diberi kesempatan untuk lakukan pembuatan pupuk komposter secara langsung.

“Sembari menunjukkan materialnya secara langsung peserta juga diberi kesempatan untuk merangkai komposter itu, alhamdulillah peserta sangat antusias dalam kegiatan ini,” tuturnya.